"Upaya Menjaga Kesehatan Lingkungan Ditengah Pandemi Covid-19"



"Upaya Menjaga Kesehatan Lingkungan Ditengah Pandemi Covid-19"


Hai sobat sehat!

Menjaga kesehatan lingkungan menjadi salah satu upaya memutus rantai penularan ditengah pandemi Covid-19 ini.Berikut merupakan tips yang dapat di lakukan seperti :
   Membersihkan daerah lingkungan kumuh di sekitar agar terbebas dari berbagai macam penyakit.

    Kawasan kumuh adalah sebuah kawasan dengan tingkat kepadatan populasi tinggi di sebuah kota yang umumnya dihuni oleh masyarakat miskin. Kawasan kumuh dapat ditemui di berbagai kota besar di dunia. Kawasan kumuh umumnya dihubung-hubungkan dengan tingkat kemiskinan dan pengangguran tinggi. Kawasan kumuh dapat pula menjadi sumber masalah sosial seperti kejahatanobat-obatan terlarang dan minuman keras. Di berbagai negara miskin, kawasan kumuh juga menjadi pusat masalah kesehatan karena kondisinya yang tidak higienis.
      Di berbagai kawasan kumuh, khususnya di negara-negara miskin, penduduk tinggal di kawasan yang sangat berdekatan sehingga sangat sulit untuk dilewati kendaraan seperti ambulans dan pemadam kebakaran. Kurangnya pelayanan pembuangan sampah juga mengakibatkan sampah yang bertumpuk-tumpuk. Oleh karena, saat kita mengetahui wabah covid-19 sedang melanda, covid-19 diperkirakan akan melonjak tajam jika virus menular di permukiman kumuh. Apabila covid-19 sudah  masuk ke wilayah kumuh, kita harus segera melakukan lockdown dan  mencegah sebaran Covid-19 ke wilayah-wilayah kumuh atau padat. Kita dapat memberi makan semua orang di sana, dan mengisolasi mereka selama dua pekan. Dikarenakan para penduduk yang tinggal di wilayah Kawasan kumuh akan mudah terinveksi.  Karena di sana, sirkulasi udara yang tidak bagus,  wilayah yang kotor dan banyak di sampah yang berserakan dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit. Dan penduduk yang dalam kondisi rumah yang tidak baik, tidak punya fasilitas di rumah untuk melakukan karantina mandiri, dan sebagainya. Maka dari itu sebaiknya warga dan pemerintah daerah dapat mampu membenahi atau membersihkan daerah kumuh, agar warga di sekiar  tidak tertular oleh penyakit lainnya, yang di sebabkan oleh banyaknya sampah yang berada di sekitar perumahan mereka.
Demikian  langkah kecil yg kita lakukan dapat berpengaruh besar ditengah wabah pandemi Covid-19.


Komentar